KEBIJAKAN PRIVASI DAN PENGAMANAN

 

 

 

Berikut ini adalah kebijakan dan praktek yang dilakukan PT BPR Sejahtera Batam /BPR SB (bank) untuk menunjukkan komitmen bank di dalam menjaga dan memelihara privasi dan keamanan Anda pada saat Anda mengunjungi situs dan internet banking BPR SB.

 

 

I.

Kebijakan Privasi  

Bank tidak menjual, menukar atau memperlihatkan segala informasi yang berkaitan dengan nasabah atau pengunjung situs dan internet banking BPR SB.

Bank juga tidak secara otomatis mengumpulkan informasi data pengunjung Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB, hanya beberapa informasi umum yang akan dikumpulkan dan digunakan antara lain :

  • Nama domain yang akan digunakan Nasabah untuk mengakses Internet Banking BPR SB https://digi.bprsb.co.id
  • Internet address yang digunakan untuk mengakses web site BPR Sejahtera Batam
  • Hari, tanggal & waktu mengakses internet
  • Pilihan yang ditentukan oleh Nasabah untuk memberikan informasi kepada Bank, antara lain jenis rekening
  • IMEI (Khusus aplikasi Mobile Banking BPR SB)"

Selama Anda login ke internet banking BPR SB, Bank akan menggunakan cookie yang akan berakhir pada saat Anda logout.

Semua transaksi perbankan Anda dan informasi rekening lainnya disimpan secara rahasia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia serta kebijakan internal Bank.

 

 

II.

Pengamanan

1.

Sistem Pengamanan

Bank menggunakan 3 (tiga) lapis sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi Anda di internet banking BPR SB yaitu :

a.

Secure Socket Layer (“SSL”)

 

SSL adalah teknologi pengamanan yang ‘mengacak’ jalur komunikasi antar komputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.

b.

Username dan Password

c.

One Time Password yang dihasilkan oleh security token SB

 

One-time Password adalah teknologi pengamanan yang selalu menghasilkan password yang berbeda setiap kali alat/ soft token pengamannya digunakan.

Karena banyaknya variasi browser internet yang ada, sulit untuk menyediakan internet banking yang mengikuti keamanan masing-masing browser. Saat ini bank hanya menyediakan sarana internet banking yang lebih cocok diakses dengan menggunakan Internet browser yang keluar tahun 2006 ke atas dan support java. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Sedangkan untuk mengakses Mobile Banking BPR SB maka gunakan spesifikasi dibawah ini

Android : OS 4.1 ke atas,

iOS : iOS 12 ke atas

 

2.

Proteksi Komunikasi Internet Banking BPR SB

Bank menggunakan teknologi enkripsi Secure Socket Layer (SSL) 2048 bit untuk memproteksi komunikasi antara komputer Anda dan server bank selama Anda mengakses internet banking BPR SB.

Untuk memastikan proteksi komunikasi selama Anda mengakses internet banking BPR SB, Anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

a.

Periksa sertifikat SSL secara teratur untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL yang sah yang telah terdaftar untuk https://digi.bprsb.co.id

b.

Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa sertifikat tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan akses internet banking BPR SB.

c.

Pastikan bahwa Anda telah mengetik alamat yang benar yaitu  https://digi.bprsb.co.id

d.

Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk logout dan kemudian melakukan login kembali.

e.

Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.

f.

Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking BPR SB di warnet atau di jaringan yang tidak pasti keamanannya.

 

 

3.

Proteksi Akses Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB

Bank mewajibkan Anda untuk memasukkan Username dan Password sebelum Anda dapat melakukan akses ke internet banking dan /atau Mobile Banking BPR SB.

Untuk memastikan proteksi bagi Anda dalam melakukan akses ke internet banking dan/atau mobile banking BPR SB, mohon lakukan hal-hal sebagai berikut:

a.

Jagalah kerahasiaan Username dan Password Anda, jangan diberitahukan kepada orang lain.

b.

Jangan memberitahukan Password atau sebagian Password Anda kepada orang lain, walaupun orang tersebut mengaku sebagai karyawan bank. Bank tidak pernah menanyakan Password Anda.

c.

Gantilah Password Anda secara periodik pada menu Adminstrasi - Ubah Password atau jika Anda tidak yakin terhadap kerahasiaan Password Anda. Jangan menggunakan PIN yang mudah diterka seperti: 111111, 222222, 123456, 654321, tanggal lahir, nomor mobil, alamat dan lain-lain. Jangan menuliskan Password Anda di tempat dimana orang lain dapat membacanya.

d.

Gunakan Password internet banking / mobile banking BPR SB yang berbeda dengan Password yang Anda gunakan untuk mengakses situs lain.

e.

Hubungi Call Centre BPR SB pada nomor 0778 - 455380 jika Anda lupa Password atau Password Anda terblokir. Ikuti instruksi mereka bagaimana cara untuk mengaktifkan fasilitas internet banking Anda kembali.

 

 

4.

Token SB dan Proteksi Token SB

Bank mewajibkan Anda menggunakan security token yang dinamakan Soft Token SB  untuk menghasilkan One Time Password yang digunakan untuk mengotentikasi setiap transaksi finansial Anda dan sebagai tanda persetujuan Anda terhadap transaksi yang dilakukan.

Soft Token hanya diberikan dan dipergunakan untuk layanan Internet Banking Individu dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aplikasi Mobile Banking.

Anda harus memasukkan One Time Password yang dihasilkan oleh Token SB jika Anda melakukan transaksi finansial seperti : transfer dana, pembelian, pembayaran, pembukaan/ penempatan deposito online dan transaksi non finansial seperti : penambahan daftar transfer dan ubah deposito ke non ARO.

Transaksi yang dapat dilakukan tanpa menggunakan Token SB adalah : informasi rekening, mutasi rekening, status transaksi, history transaksi, pesan dan informasi.

Untuk memastikan proteksi bagi Token SB Anda, mohon lakukan hal-hal sebagai berikut :

a.

Pastikan saat bertransaksi mengunduh soft token yang direlasikan dengan Gadget / Smartphone milik pribadi.

b.

Jangan meminjamkan, memindahtangankan Token SB serta memberitahukan Password Anda kepada orang lain.

c.

Hubungi Call Centre BPR SB jika Gadget / Smartphone Anda hilang, rusak atau terblokir.

 

 

5.

Alamat E-mail dan Proteksi Informasi Transaksi

Bank mewajibkan Anda untuk memberikan alamat e-mail Anda kepada BPR SB. BPR SB akan menggunakan alamat e-mail Anda untuk mengirimkan informasi atas informasi atas transaksi finansial yang telah Anda lakukan melalui internet banking  dan Mobile Banking BPR SB dan beberapa transaksi non finansial yaitu saat login pertama kali atau aktivasi internet banking dan mobile banking, perubahan alamat e-mail, dan lain-lain. Selain itu BPR SB juga menggunakan alamat e-mail Anda untuk kepentingan promosi, undangan  gathering dan informasi-informasi lainnya.

Untuk memastikan proteksi pengiriman informasi ke alamat e-mail Anda, mohon lakukan hal-hal sebagai berikut:

a.

Berikan kepada bank berupa alamat e-mail pribadi Anda. Jangan menggunakan alamat e-mail palsu.

b.

Ubahlah segera alamat e-mail Anda yang terdaftar di internet banking / mobile banking BPR SB dengan datang ke kantor bank kami yang terdekat jika Anda mengganti alamat e-mail Anda

c.

Jika Anda menghubungi bank melalui e-mail, jangan mengirimkan informasi rekening Anda yang sifatnya rahasia atau sensitif, termasuk Username, Password dan Mobile PIN Anda.

 

 

6.

Situs BPR SB

Di dalam situs BPR SB, Bank menyediakan URL link ke situs lain yang tidak dikontrol oleh Bank.

Bank tidak bertanggung jawab atas isi dan keamanan dari situs tersebut. Jika Anda mengakses situs tersebut, silakan memeriksa kebijakan privasi dan pengamanan mereka.

Dalam hal Anda mengakses situs atau internet banking BPR SB melalui URL link dari situs lain, pastikan kebenaran alamat yang Anda akses yaitu https://digi.bprsb.co.id

Bank dapat mengubah kebijakan privasi dan informasi pengamanan ini setiap saat untuk tetap menyesuaikan dengan situasi dan teknologi terbaru. Anda selalu dapat meninjau informasi dan kebijakan privasi BPR SB yang terbaru di https://digi.bprsb.co.id atau Anda dapat memintanya dengan mengirimkan email ke halosb@bprsb-online.com.