1.
|
Apa itu layanan Mobile Banking BPR Sejahtera Batam (SB Mobile)
|
|
SB MOBILE adalah layanan elektronik banking untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial yang disediakan oleh BPR Sejahtera Batam kepada Nasabah selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu, serta dapat diakses secara langsung oleh Nasabah melalui telepon seluler/handphone sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada bank. Aplikasi tersebut dapat diunduh terlebih dahulu menggunakan smartphone dengan spesifikasi minimal Android OS 4.1 atau Ios 12.
|
2.
|
Apa saja syarat untuk memperoleh atau menggunakan layanan SB Mobile?
|
|
●
|
Merupakan Nasabah perorangan
|
|
●
|
Memiliki rekening tabungan dengan status aktif (tidak dormant/blokir)
|
|
●
|
Untuk dapat memiliki SB Mobile, maka nasabah wajib terdaftar terlebih dahulu sebagai pengguna internet banking BPR Sejahtera Batam dengan telah melakukan registrasi layanan e- Banking melalui Customer Service Dana di Kantor Operasional terdekat.
|
|
●
|
1 CIF hanya dapat didaftarkan dengan 1 nomor ponsel
|
|
●
|
Memiliki smartphone untuk melakukan transaksi di SB Mobile
|
3.
|
Bagaimana cara registrasi dan aktivasi agar Nasabah memperoleh layanan SB Mobile?
|
|
●
|
Nasabah terlebih dahulu telah melakukan registrasi e-banking di Customer Service BPR SB.
|
|
●
|
Nasabah dapat mendownload aplikasi SB Mobile untuk melakukan aktivasi.
|
|
●
|
Install aplikasi SB Mobile pada smartphone Anda. Jalankan aplikasi dan sistem akan menampilkan halaman syarat dan ketentuan.
|
|
●
|
Geser kursor ke arah Ya, jika telah menyetujui persyaratan dan ketentuan dalam menggunakan layanan SB Mobile.
|
|
●
|
Jika nasabah belum memiliki username dan password internet banking, maka tekan link aktivasi pada halaman login SB MOBILE. Nasabah akan diarahkan terlebih dahulu untuk membuat username dan password.
|
|
●
|
Jika nasabah telah memiliki username dan password, maka langsung lakukan login dengan username dan password pada SB Mobile.
|
|
●
|
Setelah itu, sistem akan menampilkan halaman permintaan kode aktivasi.
|
|
●
|
Kode aktivasi akan dikirim ke alamat email Anda yang terdaftar di Bank.
|
|
●
|
Input kode aktivasi yang Anda terima pada SB MOBILE. Jika kode aktivasi valid, maka dilanjutkan dengan pembuatan Mobile PIN.
|
4.
|
Untuk bertransaksi, layanan SB Mobile menggunakan sarana apa saat ini?
|
|
●
|
Menggunakan aplikasi SB Mobile harus diunduh dan diinstall ke smartphone android dan iphone.
|
|
●
|
Nasabah dapat bertransaksi melalui menu di dalam aplikasi tersebut sehingga lebih mudah melakukan transaksi keuangan.
|
5.
|
Untuk type smartphone apa saja yang dapat diinstal aplikasi SB Mobile?
|
|
Saat ini smartphone android minimal OS 4.1, dan Iphone minimal iOS 12
|
6.
|
Apakah Nasabah pengguna SB Mobile bisa download dan install melalui app store smartphone?
|
|
Nasabah bisa download dan install SB Mobile melalui app store smartphone yaitu play store untuk Android atau apple store untuk iOS.
|
7.
|
Adakah ketentuan dalam pembuatan username dan password Internet Banking BPR SB?
Username dan password bersifat unik dan dibuat oleh nasabah yang minimal terdiri dari 8 - 20 karakter kombinasi huruf dan angka.
|
8.
|
Apakah username dan password internet banking sama dengan username dan password SB Mobile?
Ya. Sama.
|
9.
|
Fitur apa saja yang tersedia saat ini pada layanan SB Mobile?
|
|
i.
|
Transaksi Non Finansial
|
|
|
a. Informasi Portofolio Rekening
|
|
|
b. Mutasi Rekening (3 bulan terakhir)
|
|
|
c. Histori Transaksi e-banking (3 bulan terakhir)
|
|
|
d. Ubah Password
|
|
|
e. Ubah Mobile PIN
|
|
|
f. Informasi Lokasi Kantor / Mobil Kas
g. Pesan Masuk dan Pesan Keluar
|
|
ii.
|
Transaksi Finansial
|
|
|
a. Transfer
|
|
|
Transfer Pindah Buku (antar sesama rekening di BPR SB)
|
|
|
Transfer Antar Bank Online (dalam tahap pengembangan)
|
|
|
b. Pembelian
|
|
|
PLN Prabayar
|
|
|
Pulsa Isi Ulang (IM3, Mentari, Smartfren, Tri, Telkomsel,XL)
|
|
|
c. Pembayaran
|
|
|
Telkom
|
|
|
Internet (Speedy)
|
|
|
HP Pascabayar
|
|
|
TV Kabel
|
|
|
PLN Postpaid
|
|
|
PDAM
|
|
|
PLN Non TagList
|
|
|
d. Pembukaan Rekening Deposito Online
|
10.
|
Jika ada penambahan fitur baru, apakah Nasabah harus mendownload kembali aplikasi SB Mobile?
|
|
Nasabah perlu mendownload aplikasi SB Mobile untuk mengupdate menu yang ada.
|
11.
|
Apakah aplikasi SB Mobile dapat menyimpan atau menambahkan daftar transfer?
|
|
Ya, Selain dapat menyimpan atau menambahkan daftar transfer, juga dapat menyimpan daftar pembayaran dan daftar pembelian.
|
12.
|
Jika melakukan upgrade versi aplikasi SB Mobile, bagaimana dengan daftar transfer yang telah disimpan?
|
|
Daftar transfer, pembayaran atau pembelian tetap tersimpan, termasuk user dan password untuk login tidak berubah.
|
13.
|
Kapan SB Mobile PIN digunakan?
|
|
Mobile PIN digunakan untuk mengotentikasi setiap transaksi Anda dan sebagai tanda persetujuan Anda terhadap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi SB Mobile.
|
|
Penggunaan Mobile PIN pada SB Mobile dibutuhkan ketika:
|
|
Transaksi Finansial : Transaksi Transfer, Transaksi Pembelian, Transaksi Pembayaran, Transaksi Penempatan Deposito Online.
|
|
Transaksi Non Finansial : Tambah Daftar Transfer, Ubah Deposito Online , Mutasi Rekening.
|
|
Mobile PIN juga dibutuhkan setiap permintaan soft token untuk transaksi melalui internet banking BPR Sejahtera Batam.
|
14.
|
Bagaimana cara memperoleh atau membuat PIN transaksi SB Mobile?
|
|
SB Mobile PIN dibuat oleh Nasabah sendiri pada saat melakukan aktivasi SB Mobile.
|
15.
|
Berapa panjang digit SB Mobile PIN ?
|
|
6 digit angka.
|
16.
|
Bagaimana jika salah memasukkan Password atau Mobile PIN?
|
|
Username akan terblokir jika Nasabah salah memasukkan password atau Mobile PIN sebanyak 3 (tiga) kali secara berturut-turut.
|
17.
|
Bagaimana jika username atau Mobile PIN terblokir ?
|
|
Nasabah dapat mengajukan pembukaan blokir melalui Customer Service BPR SB.
|
18.
|
Bagaimana cara pemblokiran dan pembukaan blokir atas layanan?
|
|
Nasabah dapat mengajukan pemblokiran atau pembukaan blokir atas layanan SB Mobile melalui Customer Service BPR SB yang terdekat.
|
19.
|
Bagaimana cara mendapatkan Mobile PIN kembali jika terblokir atau lupa?
|
|
●
|
Jika Mobile PIN terblokir dan Nasabah masih ingat dengan Mobile PIN sendiri, maka nasabah dapat mengunjungi Customer Service BPR SB yang terdekat.
|
|
●
|
Jika Mobile PIN Lupa, maka Nasabah dapat melakukan aktivasi ulang SB Mobile. Hapus aplikasi dan lakukan install ulang aplikasi SB MOBILE untuk melakukan aktivasi Mobile Banking.
|
20.
|
Apakah Mobile PIN dan Password aplikasi sama?
|
|
Beda, PIN hanya bisa 6 karakter (berupa angka). Sedangkan password bisa 8-20 karakter (kombinasi huruf dan angka).
|
21.
|
Biaya transaksi apa saja yang dibebankan kepada Nasabah pengguna layanan SB Mobile?
|
|
a.
|
Nasabah pengguna layanan SB Mobile dikenakan biaya data atau biaya lainnya sesuai ketentuan dari masing-masing operator, dan
|
|
b.
|
Biaya administrasi / transaksi Bank
|
22.
|
Limit transaksi apakah yang Nasabah dapat dengan melakukan registrasi layanan SB Mobile?
|
|
Tipe Transaksi
|
Maksimum Nominal (Rp)/Transaksi
|
Maksimum Nominal (Rp)/Hari
|
Biaya Transaksi Bank
|
Transfer Pemindahbukuan
|
25.000.000
|
50.000.000
|
Gratis
|
Pembayaran
|
Mengikuti denominasi yang tersedia
|
25.000.000
|
PLN Rp. 2.500 / transaksi
Telkom Rp. 2.500 / transaksi
Telkom HALO Rp. 2.500 / transaksi
PDAM (tarif tergantung kota)
· Aetra Jakarta Rp. 3.000 / transaksi
· PDAM Palyja Jakarta Rp. 3.000 / transaksi
· PDAM Semarang Rp. 4.300 / transaksi
· PDAM Surabaya Rp. 2.500 / transaksi
· PDAM Batam Rp. 2.500 / transaksi
TV Kabel Trans V / Telkom V Rp. 2.500 / transaksi
|
Pembelian
|
Mengikuti denominasi yang tersedia
|
25.000.000
|
PLN Rp 2.500 / transaksi
Pulsa Three Rp 2.000 / transaksi
Pulsa Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL Rp 1.500 / transaksi
|
Penempatan Deposito
|
50.000.000
|
50.000.000
|
Gratis
|
|
23.
|
Apakah Nasabah dapat mengajukan perubahan limit transaksi layanan SB Mobile?
|
|
Tidak Bisa.
|
24.
|
Apakah penyebab Nasabah tidak dapat atau gagal melakukan registrasi SB Mobile ?
|
|
●
|
Rekening Nasabah berstatus "tidak aktif/dormant/blokir"
|
|
●
|
Nasabah telah terdaftar sebagai pengguna SB Mobile (1 User ID untuk 1 Nasabah)
|
|
●
|
Nasabah belum melakukan registrasi internet banking di Customer Service BPR SB terdekat.
|
25.
|
Apakah yang harus dilakukan Nasabah pada saat kehilangan gadget / smartphone yang telah terdaftar layanan SB Mobile?
|
|
Nasabah disarankan melakukan pemblokiran sementara layanan e-banking melalui Customer Service BPR SB terdekat.
|
26.
|
Apakah yang harus dilakukan oleh Nasabah jika terdapat perubahan nomor telepon dan/atau alamat email yang terdaftar di Bank?
|
|
Nasabah dapat melakukan perubahan atau pengkinian data dengan ke kantor operasional bank yang terdekat dan mengisi formulir di bagian Customer Service BPR SB.
|
27.
|
Bagaimana Nasabah dapat melakukan penutupan SB Mobile?
|
|
Nasabah dapat melakukan penutupan layanan SB Mobile melalui Customer Service BPR SB terdekat.
|
28.
|
Apa saja yang menyebabkan layanan SB Mobile tidak dapat diakses Nasabah?
|
|
●
|
Nasabah telah mengajukan blokir sementara atas layanan SB Mobile
|
|
●
|
Nasabah telah mengajukan penutupan atas layanan SB Mobile
|
|
●
|
Rekening Nasabah telah terblokir atas permintaan Nasabah ataupun Bank
|
|
●
|
Nasabah menutup rekening yang terdaftar layanan SB Mobile
|
|
●
|
Nasabah salah Password atau Mobile PIN berturut-turut 3x
|
|
●
|
Nasabah tidak aktif / tidak login layanan e-banking dalam waktu kurun 30 hari.
|
|
Nasabah dapat menggunakan kembali layanan SB Mobile, dengan datang ke Customer Service BPR SB terdekat.
|
29.
|
Apakah SB Mobile menyediakan notifikasi atas transaksi finansial?
|
|
Ya, notifikasi atas transaksi akan dikirim ke email pada saat mendaftarkan layanan e-banking di Bank.
|
30.
|
Apakah jika fasilitas internet banking terblokir, maka layanan SB Mobile nasabah juga akan ikut terblokir?
|
|
Ya. Karena username internet banking dan SB Mobile adalah sama.
|
31.
|
Apakah nasabah bisa mengajukan layanan SB Mobile tanpa melakukan aktivasi Internet Banking BPR SB?
|
|
Tidak bisa. Layanan SB Mobile hanya diberikan kepada nasabah yang telah menjadi pengguna layanan Internet Banking BPR SB.
|
|
Pengaktifan layanan SB Mobile dapat dilakukan setelah mengaktifkan layanan Internet Banking Anda.
|
32.
|
Status rekening gabungan apa yang dapat didaftarkan layanan Mobile Banking BPR SB?
|
|
Status rekening gabungan (or dan and) atau QQ dapat didaftarkan layanan Mobile Banking BPR SB.
|