Cara Aman Bertransaksi di Internet Banking Individu dan Mobile Banking BPR Sejahtera Batam (“BPR SB”).
|
|
|
|
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam bertransaksi di Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
|
1.
|
Agar terjamin keamanannya, maka selalu gunakan komputer pribadi (PC) / Laptop pribadi / Gadget Anda yang disertai jaringan internet dalam menggunakan layanan Internet Banking dan/atau Mobile Banking.
|
2.
|
Untuk layanan Mobile Banking BPR SB gunakan Gadget/ Smartphone dengan spesifikasi Operating System (OS) seperti dibawah ini :
|
|
Android: OS 4.1 ke atas,
|
|
IOS: iOS 12 ke atas
|
|
Untuk layanan Internet Banking BPR SB gunakan internet browser dengan spesifikasi:
|
|
Browser yang keluar pada tahun 2006 ke atas dan support java."
|
3.
|
Disarankan untuk tidak mengakses BPR SB Internet Banking dan/atau Mobile Banking melalui jaringan WiFi, warnet, dan/atau jaringan lain yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
|
|
Jika Anda menggunakan BPR Sejahtera Batam Internet Banking melalui warnet ataupun komputer/smartphone yang bukan miliki Anda, pastikan untuk menghapus cookies, cache, atau history yang ada di browser. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya data yang tersimpan pada perangkat tersebut.
|
4.
|
Jangan pernah memberikan Username, Password, Soft Token dan Mobile PIN kepada siapapun termasuk kepada oknum atau yang mengatasnamakan petugas BPR Sejahtera Batam melalui konfirmasi telepon, fax, dan email.
|
5.
|
Untuk transaksi keuangan / perbankan yang berdampak kepada terjadinya mutasi dana Nasabah dilindungi dengan menggunakan Soft Token untuk Layanan Internet Banking Individu BPR SB dan menggunakan Mobile PIN untuk Layanan Mobile Banking BPR SB.
|
|
Aktivitas yang membutuhkan soft token (Internet Banking Individu) atau Mobile Pin (Mobile Banking) sebagai berikut :
|
|
Transaksi finansial : Transaksi Transfer, Pembelian, Pembayaran dan Pembukaan Rekening Deposito.
|
|
Transaksi nonfinansial : Penambahan Daftar Transfer dan Ubah Deposito Online ARO ke Non ARO.
|
|
BPR SB tidak pernah meminta memasukkan angka/respon dari Token SB diluar dari transaksi yang disebutkan di atas. Jika Anda mendapatkan layar untuk memasukkan angka dari Token SB di luar dari transaksi yang disebutkan di atas, segera Hubungi Call Centre BPR SB pada nomor 0778-455380.
|
6.
|
Pastikan saat bertransaksi mengunduh soft token yang direlasikan dengan Gadget / Smartphone milik pribadi.
|
7.
|
Jangan meminjamkan, memindahtangankan Soft Token SB serta memberitahukan Password Anda kepada orang lain.
|
8.
|
Periksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Anda dapat menghapus rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan pada menu Hapus Daftar Transfer / Pembelian / Pembayaran
|
9.
|
Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer adalah benar.
|
10.
|
Pastikan menggunakan alamat website resmi dari BPR Sejahtera Batam (https://digi.bprsb.co.id) untuk melakukan transaksi perbankan melalui Internet Banking.
|
11.
|
Periksa sertifikat SSL untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL yang sah yang telah terdaftar untuk https://digi.bprsb.co.id.
|
12.
|
Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk logout.
|
13.
|
"Pastikan Anda men-download SB mobile melalui situs resmi yang telah disediakan BPR SB, antara lain:
|
|
-
Masuk ke www.bprsb-online.com dan klik pada menu "Layanan Informasi". Maka pada halaman layanan informasi bagian informasi e-banking akan menampilkan informasi SB Mobile Android dengan icon “Google Play Store” dan SB Mobile IOS dengan icon “iPhone App Store” . Anda dapat tekan tombol pada icon tersebut untuk men-download SB Mobile.
|
|
-
Akses ke Google Play Store (Android Market)/iPhone App Store (disesuaikan dengan jenis smartphone nasabah), lalu cari aplikasi SB Mobile dan download.
|
14.
|
Setelah selesai menggunakan layanan Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB, pastikan bahwa Anda telah “Log Out” untuk menghindari penggunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan merugikan Nasabah.
|
15.
|
Gunakan Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB dengan menikmati keuntungannya seperti :
|
|
-
Menu transaksi jelas untuk dimengerti oleh nasabah pengguna Internet Banking dan Mobile Banking.
|
|
-
Dapat bertransaksi dengan mengakses Internet Banking BPR Sejahtera Batam 24 jam melalui layanan Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB.
|
|
-
Nasabah dapat dengan mudah dan aman bertransaksi dimanapun dan kapanpun berada.
|
|
-
Dapat menghemat waktu bertransaksi tanpa harus datang dan mengantri ke BPR Sejahtera Batam.
|
|
-
Dapat melakukan transaksi transfer, pembayaran dan pembelian, cek saldo, cek mutasi rekening dan pembukaan rekening deposito online.
|
16.
|
Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa sertifikat tidak sah atau Jika Anda mencurigai situs yang Anda akses, dimohon Anda tidak melanjutkan akses Internet Banking dan Mobile Banking BPR SB dan segera hubungi Call Centre BPR SB pada nomor 0778-455380
|
Kiat-Kiat Menggunakan Internet Banking BPR SB Dengan Lebih Aman
|
Pada dasarnya sistem maupun jaringan internet banking BPR SB telah menggunakan pengamanan yang seoptimal mungkin. Kondisi pengamanan internet banking BPR SB selalu dipantau dan ditingkatkan sejalan dengan perkembangan teknologi dan ancaman yang ada.
|
Ancaman juga dialami oleh semua pengguna internet termasuk internet banking BPR SB. Oleh karena itu kami dari pihak bank meminta perhatian Anda sebagai pengguna internet banking BPR SB atas beberapa jenis ancaman yang mungkin Anda temui ketika mengakses internet. Kiat-kiat pengamanan yang dapat dilakukan sewaktu Anda menggunakan internet banking BPR SB, adalah sebagai berikut :
|
1.
|
Phising.
|
|
Phising adalah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia seorang nasabah seperti User ID, password dan PIN. Ada beberapa cara antara lain :
|
|
-
Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data-data nasabah dengan alasan-alasan tertentu
|
|
-
Mengirim email yang berisi login screen dan meminta nasabah melakukan login dengan memasukkan User ID dan Password.
|
|
-
Mengirim URL link ke situs yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi milik bank namun ternyata palsu.
|
|
Kiat-kiat pengamanan:
|
|
-
Perlu diketahui bahwa Bank tidak pernah mengirim email seperti yang dijelaskan diatas kepada nasabah. Apabila Anda menerima email semacam itu yang kelihatannya berasal dari BPR SB, Anda dapat langsung menghapus email tersebut.
|
|
-
Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan Password Anda sudah tidak rahasia lagi, segera hubungi Call Centre BPR SB.
|
|
-
Pastikan situs yang Anda kunjungi adalah https://digi.bprsb.co.id dan pastikan juga bahwa gambar gembok/kunci pada browser Anda utuh ketika mengakses https://digi.bprsb.co.id.
|
2.
|
Virus / Worm
|
|
Virus Komputer adalah program-program komputer yang dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu. Pada umumnya virus merusak sistem operasi, aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi. Virus dapat menyebar melalui banyak media, antara lain : e-mail, disket, CD, USB drive, Flash memory, program dari internet, maupun jaringan, dan juga dari halaman situs yang ’jahat’.
|
|
Beberapa contoh dampak dari infeksi virus:
|
|
-
Komputer menjadi tidak stabil dan sering ‘hang’ (macet).
|
|
|
|
-
Data di harddisk terhapus.
|
|
-
Program aplikasi tidak dapat digunakan
|
|
Yang mirip dengan virus adalah Worm yang dibuat untuk dapat menyebar dengan cepat ke banyak komputer. Walaupun umumnya worm tidak menimbulkan kerusakan seperti virus, namun worm dapat digunakan untuk membawa berbagai macam muatan/attachment termasuk yang berbahaya.
|
|
Kiat-kiat pengamanan:
|
|
-
Gunakan anti-virus ter-update di komputer Anda, dan Pastikan bahwa komputer Anda di-scan secara real-time.
|
|
-
Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
|
|
-
Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer Anda atau instal personal firewall dan Pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan PC Anda.
|
|
-
Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mendownload file/program-program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
|
|
-
Scan file-file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
|
|
-
Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini."
|
3.
|
Malware/ Spyware
|
|
Spyware adalah sejenis komputer program yang diprogram untuk ’mencuri’ informasi informasi penting/pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuatnya. Informasi yang menjadi target utama contohnya: Username dan PIN/password, nomor rekening, alamat e-mail, dan lain-lain.
|
|
Spyware dapat terinstall melalui e-mail attachment, program yang diinstall dari sumber sumber yang tidak jelas, ataupun oleh web site yang ’jahat’.
|
|
Virus dapat diprogram untuk menyebarkan spyware. Namun, berbeda dengan virus yang sifatnya lebih merusak, spyware bekerja secara diam-diam agar tidak terlacak sehingga lebih mudah mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar spyware
|
|
Kiat-kiat pengamanan :
|
|
Pengamanan terhadap spyware sama dengan pengamanan terhadap virus/worm.
|
4.
|
Bot (roBot)
|
|
Bot adalah sejenis komputer program yang apabila terinstal di PC Anda, dapat menyebabkan PC Anda dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan dapat melakukan apa saja dengan PC Anda.
|
|
Umumnya PC-PC yang telah terkontrol (dikenal sebagai Botnet) digunakan untuk mengirim SPAM, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain yang terkoneksi ke jaringan.
|
|
Kiat-kiat pengamanan :
|
|
Pengamanan terhadap bot sama dengan pengamanan terhadap virus/worm.
|